Kartini’s Day 2022 : EMPOWERING WOMEN THROUGH FASHION

Hi Urbanians!

Hari ini, seperti yang kita alami selama 62 tahun sejak Hari Kartini dideklarasikan pada tahun 1964, Indonesia merayakan kelahiran Raden Ajeng Kartini, salah satu pahlawan nasional negara dan pelopor dalam emansipasi wanita Indonesia. Kartini juga merupakan seorang penulis dan pemikir abad ke-19 yang menginspirasi pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender di negara ini. 

Tidak jauh berbeda dengan yang terjadi di seluruh dunia, abad 18-20 mulai terlihat banyak kemajuan awal menuju hak-hak perempuan dan kesetaraan gender. Sebagai contoh di Amerika Serikat dan Eropa, nama-nama seperti Sojourner Truth, Mary Wollstonecraft, dan Elizabeth Cady Stanton sering muncul di benak ketika membahas topik ini. Begitu pula di Indonesia, nama yang paling dipuji dalam hal ini adalah R.A. Kartini.

landscape-kartini-day-urbanco-empowering women thorugh fashion

Kartini lahir pada 21 April 1879 dari keluarga bangsawan Jawa di Jepara, Jawa Tengah, yang memberinya akses pendidikan, tidak seperti kebanyakan teman sebayanya. Melalui tulisan-tulisannya, ia menentang tindakan patriarki dan nilai-nilai tradisional saat itu yang merampas hak perempuan untuk menentukan masa depan mereka sendiri.

Dari tahun ke tahun, selalu menjadi topik yang menarik untuk membahas kesetaraan, emansipasi, dan pemberdayaan perempuan. Kartini adalah alasan mengapa perempuan di Indonesia diberi kesempatan dalam pendidikan dan pekerjaan hingga hari ini. Sebagai pahlawan nasional, hari lahir Kartini diperingati setiap tahun. Namun, 21 April lebih dari sekadar kelahiran pahlawan, itu juga merupakan perayaan wanita di seluruh Indonesia. Hari itu menandai perayaan perjuangan masa lalu kita, kontribusi masa kini kepada masyarakat, dan kemenangan masa depan.

Hari Kartini merupakan perayaan penting Nasional yang harus dirayakan oleh seluruh kalangan, termasuk di dalam dunia fashion. Dalam merayakan Hari Kartini tahun ini, kami akan membahasnya melalui hal yang dekat dengan kita, melalui pembahasan Empowering Women Through Fashion”. 

Dimana Fashion adalah ekspresi dari siapa kita. Pakaian apa pun yang Kamu pilih untuk dikenakan mengatakan banyak tentang gaya dan preferensi karakter pribadi Kamu. Selain melalui pendidikan, Fashion juga dapat menjadi cara berekspresi dan juga merupakan kunci yang kuat untuk perubahan. Memberdayakan wanita melalui fashion adalah sesuatu yang kuat dan mungkin untuk dilakukan. Fashion juga mencerminkan versi diri Kamu dan apa yang dunia lihat dari sosok pribadimu. Ini menyoroti persona kita dan memungkinkan kita untuk mengekspresikan diri tanpa perlu mengatakannya.

How Women Empowered Through Fashion?

Setiap wanita memiliki cara unik dalam memandang dunia dan itu tercermin dari apa yang sedang dia kenakan. Pemberdayaan versi setiap wanita pun memiliki cara yang berbeda-beda. Beberapa wanita lebih suka memakai pakaian sederhana, sementara wanita lain lebih suka memakai pakaian yang lebih terbuka. Fashion adalah reaksi terhadap aturan sosial kita dan berbicara atas nama komunitas. Ada modal sosial dalam mewujudkan kekayaan atau pakaian keagamaan. Misalnya, feminisme dalam mode muncul secara berbeda di budaya Barat dan Timur. Feminisme dalam mode di Barat menunjukkan bahwa pakaian dapat mengekspos kulit dan bagian tubuh, tetapi itu tidak memungkinkan objektifikasi seksual. Sementara di Timur, khususnya di komunitas Arab, feminisme dalam mode ditampilkan melalui kesopanan dan memastikan kontrol bagaimana tubuh diamati secara visual.

Namun, pandangan budaya yang berbeda hadir di semua bagian dunia. Fashion dapat menunjukkan suasana hati dan budaya kita seolah-olah berbicara untuk kita sebelum kita mengatakan sesuatu secara verbal. Aktris Emma Watson, yang merupakan salah satu Entertainer dan Fashionista berbakat asal Inggris, mengatakan, "I love fashion. I think it’s so important, because it’s how you show yourself to the world and Just Do what you want to do and be who you want to be." Sama seperti definisi setiap orang yang berbeda mengenai empowerment, demikian juga definisi setiap orang tentang menjalani pilihan dan gaya hidup. Apa arti menjalani pilihan dan gaya hidup bagi Urbanians?

LONGSLEEVE SHIRT - PURPLE
SHOP NOW
A LINE DRESS KNIT - BLACK
SHOP NOW

Bagaimana Fashion Dapat Membantu Women Empowerment di Masa Depan?

Setiap wanita memiliki cara yang berbeda untuk merasa diberdayakan melalui fashion. Faktor seperti status ekonomi dan ras memiliki pengaruh yang besar terhadap gagasan pemberdayaan perempuan. Kesetaraan gender tidak datang dengan sendirinya. Butuh waktu ratusan tahun untuk mencapai titik dimana perempuan Indonesia berada saat ini. Kaum wanita dari muda hingga dewasa ingin mengikuti jejak Kartini tetapi mereka cenderung mengabaikan ide-idenya dan tertarik pada simbolnya yang terlalu disederhanakan. Perang untuk pemberdayaan perempuan belum berakhir dan perjuangan untuk menciptakan negara tanpa ketidakadilan dan diskriminasi terus berlanjut. Dimulai dari hal kecil namun konsisten telah kami lakukan dalam rangka melanjutkan perjuangan R.A Kartini melalui Inovasi Fashion wanita dari URBAN&CO dengan slogan “Fashion for Standing All Day”, yang merupakan salah satu kontribusi kami dalam gerakan agar perempuan Indonesia dapat memiliki keberanian untuk mengekspresikan diri dan pesona mereka, gerakan membuka mata wanita seperti yang dikatakan oleh Emma Watson "I don't want other people to decide what I am. I want to decide that for myself." Kami berharap dengan inovasi yang selalu URBAN&CO berikan dapat membuat wanita Indonesia tampil cantik dan standing di setiap harinya, terlepas dari suku, ras, bentuk fisik dan agama dengan memberikan banyak pilihan fashion bagi wanita untuk bebas mengekspresikan penampilannya tanpa ragu. Tersedia secara offline dengan lebih dari 70 offline store dan secara online melalui berbagai platformnya, salah satunya website yang bisa Kamu kunjungi di www.urbanco.co.id. Wanita Indonesia dapat membeli dengan harga mulai dari 99k hingga 500k, yang terjangkau untuk wanita dari berbagai latar belakang ekonomi.

Jadi siapa tokoh perempuan paling menonjol dalam sejarah bangsa menurut Urbanians? Apakah ada di antara mereka yang menginspirasi Kamu? Bagaimana? Kami selalu senang mendengar pikiran Kamu! Jika Kamu menikmati artikel ini dan ingin membaca lebih banyak artikel menarik lainnya dari URBAN&CO.

Penulis dan Editor : Anisa Rodyatulloh & Hening Ngesti Adi

KNIT PEARL CARDIGAN - OFF WHITE
SHOP NOW
SCARVES CHAIN - BLACK
SHOP NOW
You have successfully subscribed!
This email has been registered